WISMA SAHABAT BARU

Pada hari Senin, tanggal 11 Mei 2009, koor Johnberd mengadakan kunjungan ke Wisma Sahabat Baru yang dikelola oleh para kerabat kerja Mother Teresa.  Wisma tersebut berada di Jalan Sahabat Baru No.39, Duri Kepa, Jakarta Barat.

Ata (guru vocal & organist koor Johnberd), awalnya menceritakan kepada kami mengenai seorang  kenalannya yang bernama Benedictus Bejo (35 tahun) sedang dirawat ditempat tersebut; lalu ia mengajak koor Johnberd untuk berkunjung dan menghibur Bejo dan para pasien lainnya yang sedang menjalani perawatan disana.gbr5WL12-Juni09

Bejo tidak mempunyai keluarga dan saat ini dia terbaring sakit dengan diagnosa TBC tulang.  Kondisi Bejo sudah begitu mengenaskan, kurus, tidak dapat duduk dan hanya terbaring saja.  Untuk makan, dia perlu disuapin dan untuk minum dibantu dengan menggunakan pipet.

Penghuni panti sebagian besar adalah para ibu dan bapak yang sudah berumur rata-rata diatas 50 tahun dalam kondisi sakit dan sedang menjalani perawatan di wisma tersebut. Ada yang sakit stroke, kanker, lumpuh, dan ada juga yang dalam pemulihan dari operasi karena kakinya patah akibat kecelakaan.  Mereka  kebanyakan dari keluarga yang tidak mampu, ada yang tidak mempunyai keluarga, dan bahkan ada juga yang telah dilupakan oleh keluarganya alias tidak pernah ditengok atau dikunjungi.

Ibu Menik sampai meneteskan airmata karena begitu terharu melihat para bapak dan ibu yang sudah sepuh (lanjut usia)  terbaring sakit dan ditinggalkan begitu saja oleh sanak saudaranya. gbr6WL12-Juni09

Bayangkan, bilamana tidak ada wisma seperti ini yang mau dengan sukarela menampung dan merawat mereka.  Kemana mereka akan pergi untuk mendapat perawatan dan perhatian yang layak?!

Dalam kunjungan, koor Johnberd juga menghibur mereka dengan menyanyikan lagu-lagu pop song dan lagu-lagu rohani; diantara mereka ada juga yang ikut menyanyi karena tahu lirik lagunya; antara lain lagu “Apa, apanya dong”, ….

Tiba saat makan siang, setelah ikut membagikan lunch box yang sudah disediakan; untuk pasien yang tidak bisa makan sendiri, ada beberapa ibu yang turut membantu menyuapkan makanan bagi mereka.  Sehabis makan siang, koor Johnberd bercengkerama dengan mereka dan berempati bagi mereka.

Sebelum berpisah, koor Johnberd secara spontan mengadakan kolekte untuk disumbangkan bagi keperluan Wisma Sahabat Baru atau yang lebih dikenal sebagai rumah singgah Mother Teresa, yang  diterimakan  oleh  Ketua Yayasan Dunia Baru, ibu Trees Soewaji.

Bagi yang ingin turut berpartisipasi dengan menyumbang barang atau uang dapat meng-hubungi : Ibu Trees Soewaji di no. telepon 7654290 atau 7667086 atau no. telepon Wisma Sahabat Baru di 5652594

“Gunakan tanganmu untuk melayani, berikan hatimu untuk mencintai.” adalah moto pelayanan dari para kerabat kerja Mother Teresa.

Ditulis oleh : MG