GAMBAR6

MAKANAN YANG BAIK UNTUK USIA DI ATAS 40

Memasuki usia 40-an, mulai terjadi masalah dengan kepadatan tulang, persendian, hipertensi dan lain-lain. Kondisi tubuh berubah, seharusnya diet Anda juga berubah. Berikut ini makanan unggulan untuk Anda yang berusia 40+.

Beras Merah

Kenapa pilih beras merah? Untuk pasokan energi. Satu cangkir beras merah memasok 88% kebutuhan pangan dalam tubuh, mineral yang penting untuk mengubah protein dan karbohidrat menjadi energi. Perlu diingat pula bahwa proses pengubahan beras merah jadi beras biasa merusak 67% vitamin B, 80% vitamin B1, 90% vitamin B6, 60% zat besi dan serat.

Telur

Kenapa? Untuk melindungi jantung dan pembuluh darah. Studi yang diterbitkan di Biological and Pharmaceutical Bulletin menemukan bahwa protein dalam kuning telur memperlambat waktu pembentukan fibrinogen, suatu protein dalam darah yang akan diubah menjadi fibrin. Fibrin inilah zat penting dalam pembekuan darah. Darah yang beku inilah awal dari serangan jantung dan stroke. Namun, harap hati-hati dengan jumlah kuning telur. Bisa-bisa kolesterol Anda malah meningkat.

Yoghurt

Kenapa?  Untuk kesehatan pencernaan.  Selain kaya kalsium, yoghurt juga makanan probiotik yang kaya dengan bakteri baik. Probiotik  ini  baik  untuk  perempuan  paruh  baya yang sering mengalami sembelit. Probiotik juga baik untuk menambah kekebalan tubuh.

Bayam

Kenapa? Untuk mencegah katarak. Pandangan kabur di lensa karena katarak dapat memperburuk penglihatan. Menurut Asosiasi Optometris Australia, hampir setiap orang berusia di atas 60 tahun menderita katarak. Cara menghindarinya adalah makan sayuran hijau. Zat perlindungan itu terdapat pada lutein, sejenis karotenoid yang terdapat dalam bayam. Studi dari Harvard Medical School menemukan bahwa wanita yang cukup mengkonsumsi lutein paling tidak dua kali seminggu lebih sedikit menderita katarak.

Ikan

Kenapa? Karena kandungan zat anti pembengkakan yang tinggi. Nyeri dan sakit persendian cenderung mendera di usia 40+. Asam lemak omega 3 adalah zat per-lindungan terhadap nyeri persendian itu. Ikan sumber asam lemak omega 3.

Sumber : perempuan.com