MANFAAT BUAH PISANG

Pisang mengandung 3 jenis gula alami, yaitu sucrose, fructose dan glucose; dan fiber.  Sebuah pisang dapat dijadikan sumber energy instant yang substansial.  Dari hasil riset dibuktikan, bahwa 2 buah pisang dapat memberikan cukup energi untuk 90 menit olahraga yang berkesinambungan.  Tidaklah heran, bahwa pisang menjadi buah andalan bagi banyak atlet berprestasi di dunia.

Pisang tidak saja  menjadi sumber energi untuk membuat tubuh kita fit, tetapi dapat juga membantu mengatasi dan menjaga tubuh dari berbagai penyakit; hal ini menjadikan pisang buah yang diperlukan sebagai asupan pada makanan kita sehari-hari.

Berbagai manfaat pisang untuk :

DEPRESI :  menurut hasil survey yang dilakukan oleh MIND, dari pasien yang mengalami depresi, banyak yang merasakan lebih baik setelah memakan sebuah pisang.  Ini di-sebabkan oleh kandungan tryptophan yang terdapat dalam pisang, yang adalah sebuah tipe protein yang dapat diubah oleh tubuh menjadi serotonin yang menyebabkan anda dapat menjadi relax, sehingga mood  anda menjadi lebih baik dan secara keseluruhan menjadikan anda merasa lebih bahagia.

PMS :  lupakan semua obat-obatan, makanlah pisang.  Vitamin B6 yang terdapat dalam pisang dapat membantu menstabilkan kadar gula darah, yang dapat mempengaruhi mood anda.

ANEMIA :  tinggi dalam iron (zat besi), pisang dapat men-stimulasi produksi hemoglobin dalam darah yang sangat dibutuhkan dalam kasus ini.

TEKANAN DARAH TINGGI :  buah tropis yang unik ini mengandung potassium yang tinggi, tetapi rendah akan kadar garam, menjadikan pisang sangat baik untuk memerangi tekanan darah tinggi.  Terlebih lagi, US Food and Drug Administration telah mengijinkan industri pisang untuk menyatakan secara resmi bahwa buah pisang mempunyai  daya untuk mengurangi resiko tekanan darah tinggi dan stroke.

KERJA OTAK :  200 murid di Twickenham School, Middlesex, diberikan asupan buah pisang pada waktu makan pagi, istirahat dan makan siang untuk membantu kerja otak mereka pada waktu menghadapi ujian.  Dari hasil riset tersebut, memperlihatkan bahwa kandungan potassium yang tinggi pada buah pisang membantu para murid untuk dapat lebih berkonsentrasi.

KONSTIPASI :  tinggi dalam fiber, pisang menjadi buah yang diperlukan untuk membantu menormalkan kerja pencernaan tubuh dan mengatasi sembelit tanpa harus meminum obat pencahar.

MABUK :  salah satu cara tercepat mengatasi mabuk, adalah dengan meminum banana milkshake yang diberi madu.  Pisang menenangkan lambung dan dengan bantuan madu dapat mempercepat menstabilkan kadar gula darah, sedangkan susu membantu me-nenangkan sistem tubuh anda.

HEARTBURN :  pisang memberikan efek antacid alami dalam tubuh, yang memberikan rasa melegakan bagi yang menderita heartburn.

MUAL PADA MASA HAMIL :  tambahkan pisang pada menu anda, akan membantu me-ningkatkan kadar gula darah yang menurun dan menghindarkan anda dari rasa mual di pagi hari.

GIGITAN NYAMUK :  sebelum anda mengoleskan  cream pada kulit anda yang digigit nyamuk,  cobalah  gosokkan  bagian  dalam  dari  kulit pisang yang akan membantu mengurangi bengkak dan iritasi akibat gigitan nyamuk.

SYARAF :  pisang kaya akan Vitamin B yang membantu menenangkan sistem syaraf anda.

BERAT BADAN :  hasil studi dari Institute of Psychology di Austria menyatakan bahwa tekanan / stress dalam kerja dapat mengakibatkan tubuh mencari comfort food seperti coklat atau camilan lainnya.  Hasi riset atas 5000 pasien di rumah sakit, para ahli me-nyatakan bahwa kegemukan banyak terjadi pada mereka yang mempunyai tekanan tinggi dalam pekerjaan. Untuk menghindari keinginan mengemil, kita perlu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh dengan memakan makanan yang tinggi karbohidrat setiap 2 jam guna membuat level gula darah kita stabil; dan pisang adalah pilihan yang baik.

PENYAKIT PERUT :  pisang  digunakan sebagai  makanan  tambahan  bagi  penderita penyakit usus dan perut, karena teksturnya yang lunak dan lembut. Pisang juga dapat membantu menetralisir kelebihan asam lambung dan mengurangi iritasi pada lambung.

TEMPERATUR DAN TEMPERAMEN KONTROL :  berbagai budaya melihat pisang sebagai buah yang “menyejukkan”  yang dapat menenangkan suhu badan secara fisik dan me-redakan temperamen (emosi) pada wanita hamil.  Di Thailand, sebagai contoh, mereka percaya kalau wanita hamil makan buah pisang selama masa kehamilannya akan me-lahirkan bayi yang sehat lahir dan batin.

SEASONAL AFFECTIVE DISORDER (SAD) :  pisang membantu penderita SAD karena mengandung tryptophan, sebagai penenang yang alami.

PEROKOK :  pisang dapat membantu bagi yang ingin lepas dari kebiasaan merokok.  Vitamin B6, B12, potassium dan magnesium yang terdapat dalam pisang membantu menghilangkan pengaruh nikotin akibat rokok dari tubuh anda.

STRESS : Potassium adalah mineral vital yang membantu menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak dan mengatur kadar air dalam tubuh supaya seimbang.  Pada waktu anda stress, metabolic-rate meningkat, sehingga mengurangi kadar potassium dalam tubuh.  Hal ini dapat diimbangi dengan asupan pisang yang tinggi akan potassium.

STROKE :  menurut hasil riset dari The New England Journal of Medicine, dengan memakan buah pisang secara teratur dapat mengurangi resiko stroke hingga 40%!

Kesimpulannya, pisang adalah obat alami untuk berbagai penyakit.  Bila anda membandingkannya dengan buah apel, pisang mengandung 4 x protein, 2 x karbohidrat,  3 x fosfor, 5 x Vitamin A dan Iron (zat besi), dan 2 x lebih banyak kandungan vitamin dan mineralnya daripada buah apel.  Pisang juga kaya akan potassium dan merupakan buah yang harganya murah.  Jadi, mungkin kita bisa mengatakan, “Sebuah pisang sehari, dapat menjauhkan kita dari dokter!”

Selamat mencoba dan beri masukkan anda kepada kami.

Sumber : Info sehat & bugar dikirim oleh Harry Suwandi & Mega Arif

Terjemahan bebas oleh MG